Tips Internet

Tips Memulihkan Akun dan Menjaga Keamanannya

Memulihkan akun menjadi prioritas bagi sebagian besar pengguna internet. Kehilangan akses terhadap akun utama tentu akan mengganggu akun-akun lainnya yang saling terhubung. Apalagi jika Anda kehilangan akses terhadap akun email yang digunakan untuk berbagai keperluan. Bukan tidak mungkin Anda akan dibuat pusing dan kesal karenanya. Pemulihan akun dapat terjadi dikarenakan beberapa hal, termasuk melupakan kata sandi.

Seringkali sebagian dari kita lupa mencatat kata sandi di email sebagai pengingat di waktu membutuhkan. Menganggap sepele kalau kaa sandi tersebut akan mudah diingat kapanpun. Pada kenyataannya, tak sedikit yang kehilangan akses akibat lupa kata sandi dari email miliknya. Padahal email tersebut terhubung pada media sosial, website pribadi serta klien dari pekerjaan. Jika sudah begini, Anda mungkin membutuhkan orang lain yang lebih ahli untuk mengatasinya.

Memulihkan Akun yang Terhapus

Untuk memulihkan kembali akses Anda terhadap akun email, Anda dapat melakukan langkah sederhana. Bila ini berkaitan dengan kata sandi yang terlupa, Anda dapat mengajukan permintaan ke administrator untuk membantu. Namun bagaimana jika akun tersebut terhapus sebelumnya? Memulihkan akun yang terhapus terbilang gampang-gampang susah. Pasalnya Anda membutuhkan sedikit kesabaran untuk mengembalikan akses terhadap akun tersebut. Akun yang dapat dipulihkan hanyalah akun yang baru terhapus tak lebih dari dua hari. jika akun Anda sudah lebih dari batas waktu tersebut, kemungkinan besar akun telah dihapus secara permanen. Adapun cara yang harus ditempuh guna memulihkan akses terhadap akun email adalah.

1. Akses Laman Pemulihan

Cara memulihkan akun ini digunakan khusus untuk akun gmail yang ingin dikembalikan. Pertama-tama, akses laman pemulihan google pada web browser Anda. Anda akan langsung disambut oleh laman berisi kolom teks yang meminta pengisian alamat email atau nomor ponsel terdaftar. Pada bagian ini, masukkan alamat email yang ingin Anda pulihkan.

Pastikan Anda mengisinya dengan benar sebelum mengklik tombol next pada bagian bawah. Layar komputer akan memunculkan jendela baru yang meminta Anda mengisi kata sandi dari email tersebut. Isi kolom teks dengan kata sandi sebelum alamat email Anda hapus.

2. Pembuatan Akun

Setelah langkah sebelumnya selesai, Anda akan menemukan kolom teks yang menyatakan usaha Anda memulihkan akun sukses. Tetapi usaha Anda belum berhenti disini, karena Anda masih harus melengkapi beberapa hal lainnya. Peramban akan membawa Anda pada laman pembuatan akun untuk mengaktifkan kembali akun email Anda.

Disini akan ada beberapa aspek yang harus Anda cermati dengan seksama, seperti alamat email, kata sandi, serta data pribadi lainnya. Anda dapat melakukan perubahan pada beberapa bagian, jika menginginkannya. Bila dirasa sudah cukup, Anda dapat mengklik continue pada bagian bawah tampilan.

3. Mengatur Ulang Kata Sandi

Guna menyelesaikan proses pemulihan akun, Anda biasanya diminta untuk mengubah kata sandi. Usahakan Anda membuat kata sandi yang sebelumnya belum pernah digunakan dengan tingkat kerumitan tinggi. Ini dapat membantu Anda menjaga keamanan akun bila sewaktu-waktu ada hacker yang berniat jahat. Setelah proses mengubah sandi selesai, Anda akan diminta mengisi kolom teks berisi nomor telpon.

Pihak google akan mengirimkan kode verifikasi yang akan digunakan untuk proses pemulihan. Pastikan Anda menerima dan mengisi kode verifikasi dengan benar. Jika semua langkah-langkah tersebut sudah berhasil, Anda dapat langsung mengakses akun gmail yang terhapus sebelumnya. Biasanya dibutukan waktu beberapa menit saja setelah proses verifikasi memulihkan akun.

Tips Menjaga Keamanan Email

Di masa mendatang, Anda mungkin tidak menyangka dapat mengalami hal serupa. Entah itu kehilangan akses gmail karena sengaja atau tidak sengaja. Menghindari akses tidak diinginkan oleh pihak-pihak luar, Anda sebenarnya dapat memanfaatkan fitur yang disediakan oleh google. Fitur-fitur ini dapat akan aplikasikan sesaat setelah cara memulihkan akun google Anda berhasil. Tips ini hanya berhasil jika Anda melakukan dan mengaktifkannya secara berkala.

Perbaharui Data Pemulihan

Perangkat pemulihan berfungsi membantu Anda mengembalikan akun email dengan cara mudah dan cepat. Memperbaharui data pribadi, email pemulihan, nomor telepon serta pertanyaan pemulihan akan membantu Anda memulihkan akun sewaktu-waktu. Ini berlaku pula jika akun Anda tiba-tiba dihack oleh orang tak bertanggungjawab. Biasanya akan ada notifikasi yang masuk ke ponsel maupun akun pemulihan yang membantu Anda melacak email kembali.

Perhatikan Sinkronisasi Akun

Mengunduh aplikasi baru artinya Anda juga harus melakukan sinkronisasi data dengan email yang terhubung. Kadangkala beberapa aplikasi tidak memiliki kredensial, sehingga rawan melakukan pencurian data. Untuk itu, pastikan setiap aplikasi yang Anda gunakan telah terjamin keamanannya. Ada baiknya lakukan pemeriksaan berkala untuk memastikan akun Anda tetap aman dan tidak ada penyusup yang dapat bertindak sewaktu-waktu.

Modifikasi Kata Sandi

Supaya tidak mudah diretas oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab, pastikan Anda memasang kata sandi yang unik dan kuat. Di zaman sekarang tak sulit menemukan kata sandi yang terkesan unik dan sulit dideteksi oleh orang lain. Anda dapat mencarinya melalui laman google atau website-website lain. Bacalah beberapa saran yang membantu Anda menemukan kata sandi tersebut. Merubah kata sandi dengan yang lebih unik dan kuat sangat perlu dilakukan setelah proses memulihkan akun berlangsung.

Aplikasikan Verifikasi Dua Langkah

Selalu aplikasikan verifikasi ganda pada akun gmail Anda. Cara ini akan sangat membantu Anda melindungi akun gmail di kemudian hari. Google akan memberikan peringatan jika ada usaha mengakses email dari perangkat yang tidak dikenalinya. Pihak google juga akan mengirimkan kode verifikasi yang terdiri dari 6 digit.

Kode ini hanya akan dikirimkan ke nomor ponsel yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Sangat praktis untuk mendeteksi adanya penyusup atau pihak-pihak tidak bertanggung jawab kapanpun. Anda juga dapat menggunakan verifikasi dua langkah ini sebagai cara memulihkan akun gmail di saat genting.

Selalu Pastikan Keamanan Akun Saat Browsing di Perangkat Umum

Di saat tak terduga, Anda kadangkala harus mengakses email dari perangkat umum yang tersedia. Hal ini seringkali membuat Anda khawatir bila ada pihak yang mencoba meretas akun tersebut. Agar terhindar dari tindakan tidak mengenakkan, pastikan Anda menggunakan safe mode atau incognito pada laman browser. Mode ini akan membantu Anda menghilangkan jejak pada laman histori pencarian. Data-data Anda tidak akan tersimpan pada laman pencarian. Sehingga Anda akan tetap aman saat meninggalkan perangkat tersebut nantinya.

Bila Anda lupa untuk menggunakan mode tersebut, cara lainnya adalah dengan manghapus cookies atau historis yang tersimpan. Dengan begini, orang yang menggunakan komputer setelah Anda tidak akan bisa mengakses email yang Anda buka sebelumnya. Sebagai langkah terakhir, pastikan Anda selalu log out dari perangkat umum sebelum meninggalkannya. Lupa menutup akun email Anda, ada kemungkinan besar akun diretas dan butuh langkah memulihkan akun. Anda tentu tidak menginginkan hal tersebut terjadi bukan?

Related Articles

Cara Download Video Youtube Terbaru Dan Terlengkap

Tekno

Cara Hapus Riwayat Penelusuran Google Dengan Mudah

Tekno

Setting Gmail Untuk Keperluan Anda

Tekno

Leave a Comment