Featured Teknologi

Terobosan Teknologi Terbaru Yang Akan Muncul Tahun Depan

Teknologi Terbaru

Pencapaian Teknologi terbaru pada tahun 2018 merupakan menjadi Tahun Kecerdasan. Kemajuan teknologi telah memicu tren yang menarik dan tak terduga dengan wawasan dampak yang lebih luas dan prospek bisnis yang sangat menjanjikan.

Pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan akan mengubah seluruh lini perindustrian. Internet of Things (IoT) akan menjadi lebih cerdas, membuka peluang lebih besar untuk pembangunan smarthome (rumah pintar) dan smartcity (kota pintar). Interaksi manusia dengan mesin yang lebih efisien akan menjadi pengganti tenaga manusia dalam hal-hal tertentu, kita bisa melihat Negara maju seperti Jepang dan Singapore yang menggunakan robot untuk pelayan rumah makan mereka.

Dalam artikel ini, kami akan fokus pada tren modern yang terjadi pada akhir tahun 2018 dan melihat terobosan teknologi terbaru yang akan muncul di tahun 2019.

1. Kecerdasan Buatan

Teknologi TerbaruAI (artificial intelegent) membawa perubahan besar pada bidang bisnis, membentuk kembali seluruh industri dengan kekuatan teknologi dan perangkat lunak yang serba canggih. Beberapa perusahaan telah mengakui bagaimana peran penting dari AI ini dalam menerapkan strategi bisnis mereka. Perusahaan besar dengan lebih dari 100.000 karyawan mungkin akan lebih menerapkan strategi AI ini untuk mengurangi tenaga manusia, tetapi bagi mereka proses ini bisa merupakan tantangan yang sangat besar.

Gagasan yang dulunya sulit untuk di percaya, kini menjadi nyata. Perkembangan konstan pembelajaran mesin dan teknologi AI akan membuat setiap bisnis menjadi lebih berkembang, banyak lagi aplikasi untuk otomatisasi, robotisasi, dan manajemen data di berbagai industri akan membawa perubahan yang signifikan. Perawatan kesehatan, konstruksi, perbankan, keuangan, manufaktur  dan lainnya akan lebih berkembang kembali.

2. Blockchain

Teknologi TerbaruSemua orang sekarang berbicara tentang blockchai dimana teknologi terdesentralisasi revolusioner ini yang menyimpan dan bertukar data dalam bentuk cryptocurrency. Ini membentuk basis data terdistribusi dengan register digital dari transaksi dan juga kontrak didalamnya. Blockchain menyimpan daftar catatan pesanan yang terus bertambah yang disebut blok. Blockchain memiliki prospek yang mengesankan di bidang transaksi digital yang akan membuka peluang bisnis lebih besar di Tahun 2019.

Teknologi ini juga membuka banyak kemungkinan baru dengan berbagai aplikasi di berbagai bidang lainnya. Karena meningkatnya peran tanggung jawab sosial dan keamanan di internet, teknologi blockchain menjadi semakin lebih relevan. Dalam sistem yang menggunakan blockchain, hampir tidak mungkin untuk memalsukan transaksi digital, sehingga kredibilitas sistem tersebut pasti akan lebih kuat dan terpercaya.  Perusahaan  yang sebelumnya beroperasi secara offline akan berpindah ke online dengan proses digital sepenuhnya.

3. Self-teaching AI

Teknologi TerbaruSejak penemuan kecerdasan buatan pertama, masa depan di bidang teknnologi ini mendekati lebih cepat dari yang kita kira. Para ahli memprediksi bahwa AI nantinya akan mengalahkan manusia dalam game Go pada tahun 2027. Namun itu terjadi 10 tahun sebelumnya – pada tahun 2017. Hanya butuh 40 hari untuk algoritma AlphaGo Zero untuk menjadi pemain Go terbaik dalam sejarah peradaban manusia. Itu mengajar dirinya sendiri tanpa masukan dari data manusia dan mengembangkan strategi yang tidak mungkin bagi penggunanya.

Tahun depan perlombaan untuk penciptaan kecerdasan buatan yang dikembangkan dan otodidak hanya akan berlanjut. Kami menantikan terobosan AI dalam memecahkan banyak rutinitas manusia: pengambilan keputusan, mengembangkan bisnis dan model ilmiah, pengenalan objek, emosi, dan pidato, dan menciptakan kembali pengalaman pelanggan. Selain itu, kami berharap bahwa AI akan mampu mengatasi tugas-tugas ini lebih baik, lebih cepat, dan lebih murah daripada orang. Kemampuan algoritma untuk belajar mandiri membawa kita lebih dekat untuk menerapkan AI ke banyak bidang kehidupan manusia.

Berita Teknologi Terbaru

Info teknologi terbaru dari Youtube. Orang tua tentu tidak bisa mengawasi anaknya selama 24 jam penuh untuk menyaring apa yang ditonton oleh anak.

Hal tersebut menjadi latar belakang diresmikannya Youtube Kids di Indonesia yang diluncurkan pada bulan September kemarin. Sebelumnya, YouTube Kids telah hadir di 38 negara dan ditonton lebih dari 70 miliar kali oleh banyak pengguna. Dan tayangan ini ditargetkan untuk anak-anak usia emas (2-10 tahun)

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Dr Eka Krishtiyanta Purnama, M.Pd, perwakilan dari Kemendikbud kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang Youtube Kids dari Fibriyani Elastria, Head of Consumer Marketing Google Indonesia dalam acaranya.

Prioritas utama dari YouTube adalah untuk memberikan akses bagi orang tua dan anak-anak Indonesia terharap koleksi konten yang inspiratif, edukatif, menghibur, dan juga ramah bagi keluarga akan konten positif. YouTube Kids memberikan orang tua kontrol dalam memilih konten yang sesuai untuk anak-anak mereka dalam menikmati tayangan.

Apa yang membedakan YouTube Kids dengan YouTube biasa adalah adanya perpaduan karakter khusus yakni orientasi horizontal, dan kemudahan navigasi bagi anak-anak.

Selain itu, terdapat banyak sekali fitur-fitur yang bisa membuat orang tua lebih bisa mengontrol penggunaan gawai yang digunakan bisa digunakan oleh anak-anak dengan pengawasan orang tua.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, tahun 2018 akan membawa kemajuan besar dalam inovasi teknologi. Mari kita tunggu perkembangan teknologi yang lebih canggih pada bidang AI dan beberapa perkembangan baru yang menarik lainnya. Peningkatan eksponensial teknologi seperti Internet of Things, NLP, dan self-teaching AI yang dimana akan mengubah setiap industri bisnis dalam kehidupan kita sehari-hari. Meskipun ini dapat menciptakan ancaman tertentu terhadap keamanan data, pendekatan dan solusi baru terus berkembang. Perubahan akan disederhanakan dan hasilnya pasti luar biasa.

Terimakasih atas atensinya, kita tunggu kejutan apalagi yang akan hadir pada tahun 2019 nanti.

 

Related Articles

7 Teknologi Informasi yang Tidak Disadari

Tekno

Download Game Gratis di Android

Tekno

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Tekno

Leave a Comment