Belajar Komputer Featured

Panduan Yang Benar Bagi Pemula Belajar Komputer

Belajar Komputer Bagi Pemula

Belajar Komputer tentu sangat di perlukan bagi kita yang berada pada era modern ini, namun banyak hal yang di abaikan oleh pengguna Komputer pemula.

Di bawah ini kami telah mencantumkan  kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna komputer pemula dan bagaimana cara mencegah supaya terhindar dari kesalahan yang sama:

  • Tidak Mencadangkan File Penting

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan seseorang adalah tidak mencadangkan informasi penting. Saat ini, ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk mencadangkan informasi Anda sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak mencadangkan informasi Anda. Pastikan untuk mencadangkan semua informasi penting sebelum terlambat.

  • Mengklik Next Atau Ok Tanpa Membaca

Semua orang menjadi lebih tidak sabar, semua menginginkan serba instan yang bisa setiap hari kita nikmati di internet. Namun, karena ketidaksabaran inilah tidak jarang pengguna baru sembarangan mengeklik Ok atau Berikutnya tanpa membaca apa yang mereka setujui dan tidak memastikan apa yang sebenarnya mereka setujui. Pastikan Anda membaca setiap perintah sebelum menyetujui, atau Anda mungkin setuju untuk memasang aplikasi baru yang mungkin tidak anda butuhkan, atau dalam bentuk perangkat lunak lainnya.

  • Tidak Menyimpan File Pekerjaan

Saat mengerjakan dokumen baik offline atau online pastikan bahwa program ini secara otomatis menyimpan pekerjaan Anda. Jika suatu program tidak secara otomatis menyimpan pekerjaan Anda, Anda perlu memastikan Anda menyimpan pekerjaan Anda setiap 10-15 menit. Jika komputer tiba-tiba kehilangan daya alias aliran listrik mati (karena gantian jadwal pemadaman listrik), koneksi Internet terputus, atau program hang alias tidak bisa di otak atik maka semua data yang kita kerjakan akan hilang (barulah kita pusing sendiri) jangan sampai itu terjadi lagi.

  • Mematikan Komputer Dengan Cara Tidak Benar

Dengan semakin banyak pengguna smartphone, tentunnya tidak sama cara penggunaannya pada perangkat Komputer. Tidak semua pengguna baru terbiasa dengan metode yang tepat untuk mematikan komputer. Ketika Anda selesai menggunakan komputer dan ingin mematikannya pastikan untuk menyimpan pekerjaan dalam bentuk apapun, tutup program yang masih terbuka, kemudian matikan komputer dengan cara yang benar benar.

  • Membuka Lampiran E-Mail

Belajar KomputerHal ini sering terjadi pada pengguna baru, yaitu seringnya perangkat Komputer mereka terinfeksi virus komputer atau malware dengan membuka lampiran email tanpa memperhatikan apa isi dari email tersebut. Berhati-hatilah pada semua lampiran email yang Anda terima termasuk semua lampiran email yang Anda terima dari teman, keluarga, dan rekan kerja. Salah satu trik paling umum yang digunakan hacker untuk mengirim virus adalah dari orang yang Anda kenal untuk bisa mempengaruhi Anda.

Berikut kami sajikan tips untuk menghindari terjadinya hal tersebut :

1. Phishing

Karena komputer menjadi lebih aman, dan pengguna menjadi lebih paham teknologi. Banyak hacker mengubah cara mereka dengan trik phising untuk menyerang kita. Pastikan Anda mengetahui cara kerja phishing dan bagaimana Anda dapat memastikan bahwa Anda tidak menjadi korban pencurian identitas dengan cara seperti di atas.

2. Spam

Hampir semua spam saat ini di distribusikan oleh komputer yang terinfeksi atau pengguna jahat. Membalas pesan-pesan spam ini tidak akan menghentikan langganan Anda dari daftar apa pun dan biasanya tidak pernah dilihat atau diterima. Dalam beberapa kasus, seorang spammer bahkan dapat menggunakan balasan Anda sebagai verifikasi bahwa e-mail bekerja dan mengirim lebih banyak spam kepada Anda atau membagikan alamat e-mail Anda kepada spammer. Jika Anda mendapatkan spam, hapus saja dari kotak masuk Anda.

3. Surat berantai

Anda juga tidak boleh meneruskan email teman dan keluarga Anda. Jika Anda menemukan e-mail yang sulit dipercaya, pastikan itu benar sebelum Anda meneruskan mitos atau rumor kepada orang lain.

4. Jangan menginstal pengelola unduhan

Belajar Komputer

Banyak situs menyarankan atau mengharuskan Anda memasang penginstal atau pengelola unduhan sebelum mengizinkan Anda mengunduh program yang mungkin ingin Anda unduh. Tools ini hampir selalu menyebabkan komputer Anda menjadi bermasalah, dan bahkan mungkin memiliki malware atau spyware . Hindari situs apa pun yang memerintahkan Anda untuk memasang aplikasi sebelum anda melanjutkan unduhan file yang Anda ingnkan.

5. Batalkan atau tolak pengunduhan otomatis apa pun

Beberapa situs dapat secara otomatis mencoba memulai unduhan atau memberikan tampilan bahwa sesuatu perlu dipasang atau diperbarui sebelum situs atau video dapat dilihat. Jangan pernah menerima atau memasang apa pun dari situs apa pun kecuali Anda tahu apa yang harus Anda unduh.

6. Tidak menjaga sistem operasi dan perangkat lunak tetap mutakhir

Belajar Komputer

Hal ini juga sering tidak di hiraukan oleh pengguna baru perangkat Komputer. Jika kita perhatikan perkembangan teknologi selalu berkembang untuk teru menyempurnakan aplikasi yang mereka miliki. Setelah program dirilis,bugs dan ancaman keamanan hampir selalu ditemukan oleh pengguna lain. Menginstal pembaruan terkini untuk program akan memastikan semuanya berjalan lancar, sehingga data Anda tetap aman.

7. Menggunakan UPS/Stavol

Jika Anda mencolokkan komputer desktop, laptop, tablet, atau ponsel cerdas ke stop kontak yang ada di rumah Anda, pertimbangkan untuk menggunakan stavol. Stavol merupakan pelindung pada saat terjadi tegangan tinggi, jika Anda menggunakan stavol maka komputer Anda akan terjaga dari aliran listrik tegangan tinggi. Sehingga memastikan tidak akan mengalami kerusakan pada perangkat elektronik Anda.

 

Semoga artikel ini bisa menjadi panduan Anda dalam mempelajari Komputer dengan baik dan benar. Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini sampai selesai.

Related Articles

7 Teknologi Informasi yang Tidak Disadari

Tekno

Cara Menggunakan Komputer dan Mesin Printer Dengan Baik

Tekno

11 Jaringan Komputer Yang Perlu Di Pahami

Tekno

Leave a Comment