Belajar Komputer Tips Komputer

Cara Transfer File Mulai dari PC hingga Antar Gadget

Gadget saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat tidak hanya sebagai media untuk berkomunikasi namun juga sebagai media untuk mencari informasi dan bertukar file dari gadget lain. Transfer file dari gadget satu ke gadget yang lain bisa dilakukan melalui Bluetooth atau melalui wifi. Kirim file dari Bluetooth tergolong sangat mudah dan sering digunakan oleh kebanyakan orang. Namun, ternyata banyak juga sebagian orang yang belum mengetahui cara transfer file melalui Bluetooth dan wifi. Simak cara kirim file berikut!

Bagaimana Cara Transfer File Via Bluetooth?

Pertama – tama yang akan dibahas kirim file via Bluetooth antar gadget karena caranya yang paling mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Langkahnya sebagai berikut :

  1. Buka file eksplorer dan cari file yang ingin Anda kirimkan ke gadget orang lain.
  2. Aktifkan koneksi Bluetooth di ponsel atau gadget Anda dan jangan lupa untuk mencentang opsi visible agar koneksi Bluetooth Anda terdeteksi oleh ponsel penerima. Koneksi Bluetooth penerima juga harus dalam keadaan visible agar mudah terdeteksi oleh gadget Anda
  3. Setelah Anda memilih file yang akan di transfer kemudian pilih tombol share atau tombol berbagi dan pilih opsi share via Bluetooth
  4. Ponsel Anda akan mencari perangkat dengan Bluetooth aktif
  5. Setelah Bluetooth perangkat penerima terlihat, klik dan tunggu hingga proses pengiriman selesai yang biasanya aka nada notifikasi di layar ponsel Anda untuk proses transfer file via Bluetooth.

Bluetooth Antar Ponsel

Cara kirim file via Bluetooth antar ponsel tergolong paling mudah. Sedikit berbeda dengan cara kirim file via Bluetooth dari ponsel ke PC atau sebaliknya. Cara ini hanya bisa dilakukan pada komputer yang memang sudah dilengkapi dengan perangkat Bluetooth. Caranya adalah

  1. Aktifkan koneksi Bluetooth ada kedua perangkat yakni smartphone dan PC.
  2. Buka windows explorer pada PC, kemudian klik kanan pada file yang akan Anda kirim pilih opsi Send to kemudian pilih Bluetooth device.
  3. Jika koneksi Bluetooth smartphone sudah diaktifkan serta diubah dalam mode visible maka keterangan Bluetooth dan nama smartphone akan tertera pada layar PC.
  4. Setelah itu pilih Next, sehingga pada smartphone aka nada notifikasi untuk terima file yang dikirim. Pilih Accept pada smartphone agar proses transfer file dapat berlangsung.
  5. Tunggu hingga proses pengiriman selesai dan otomatis file akan masuk pada file explorer di smartphone Anda.

Smartphone ke Komputer

Sebaliknya, cara berkirim file dari Smartphone ke komputer agak lebih rumit dibandingkan dari computer ke smartphone. Berikut adalah caranya :

  1. Pertama ubah setting pada komputer atau PC dengan cara klik taskbar, cari ikon Bluetooth klik kanan pilih opsi Receive a file.
  2. Langkah selanjutnya adalah buka smartphone Anda dan cari file yang akan dikirim ke PC pada file eksplorer. Kemudian pilih tombol share via Bluetooth.
  3. Pilih Bluetooth dari PC biasanya memiliki icon computer di samping nama Bluetooth yang terpindai.
  4. Tunggu hingga proses selesai. Proses transfer ini tergantung dari besar kecilnya file yang dikirimkan. Misalnya file video, maka prosesnya akan memakan waktu yang lumayan lama.
  5. Jika transfer file sudah selesai, akan ada pemberitahuan pada layar PC dan secara otomatis file yang terkirim masuk ke My Documents.

Mengapa File Gagal Dikirim?

Terkadang pada beberapa kasus pengiriman file memiliki berbagai kendala dalam pengiriman sehingga akan menyebabkan gagalnya file yang dikirim. Kendala tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti :

  1. Adanya koneksi lain yang dihubungkan selain Bluetooth. Koneksi lain ini misalnya USB atau wifi. Sebelum Anda melakukan pengiriman file, usahakan terlebih dahulu matikan wifi atau USB yang terhubung.
  2. Seringkali Bluetooth tidak terbaca oleh salah satu perangkat meskipun sudah dipilih opsi visible. Dalam hal ini, pastikan PC dan smartphone sudah saling berhubungan biasanya untuk menghubungkannya diperlukan input code terlebih dahulu.
  3. Jika masih gagal dalam pengiriman, restart koneksi Bluetooth di kedua perangkat dan ulangi langkah pengiriman file.

transfer file

Lantas, Bisakah Mengirim File Via Wifi ?

Tentu saja hal ini bisa dilakukan dengan atau tanpa menggunakan aplikasi. Transfer file via wifi atau Bluetooth bisa meminimalisir kontaminasi virus dari perangkat ke PC atau smartphone. Untuk mengirim file via wifi berikut panduannya :

  1. Pilih file yang akan dikirim ke perangkat lainnya, kemudian klik kanan dan pilih opsi properties
  2. Setelah itu pilih tab Sharing dan buka tombol Advanced Sharing kemudian centang kotak yang bertuliskan Share this folder.
  3. Jangan lupa untuk mematikan firewall agar tidak ada kendala dalam pengiriman. Caranya buka Control Panel dan matikan firewall.
  4. Ketikkan kombinasi tombol Windows + R dan pada kolom run ketikkan cmd dan enter
  5. Setelah masuk pada command prompt ketikkan ipconfig /all. Untuk mengetahui IP address PC Anda cek pada teks IPV4 Address.
  6. Ketikan alamat IP pada perangkat lain pada menu run dan proses pengiriman akan berlangsung.

transfer file

Pengiriman Via Wifi Android

Sementara itu, untuk mengirim file antar Android via wifi dapat dilakukan secara langsung atau dengan menggunakan aplikasi kirim file wifi. Namun, perlu diketahui penggunaan aplikasi akan memakan RAM pada Android sehingga menyebabkan penyimpanan cepat penuh dan memengaruhi kinerja smartphone Android Anda. Terlebih jika smartphone Anda memiliki RAM dan memori internal yang terbilang terbatas, tentu hal ini akan sangat merepotkan. Pengiriman file via wifi secara langsung disarankan untuk kondisi seperti ini, berikut caranya :

  1. Pertama aktifkan koneksi wifi, bisa dengan membuka menu setting atau langsung memilih tombol wifi pada smartphone. Kedua perangkat harus sudah aktif wifinya
  2. Setelah itu, pilih opsi Wifi Direct
  3. Pada langkah ini akan terlihat perangkat yang sudah mengkoneksikan Wifi Direct. Pilih koneksi wifi yang akan dikirimi file.
  4. Setelah itu, pada perangkat lainnya akan muncul notifikasi untuk saling terhubung via wifi dan pilih opsi Sambung
  5. Setelah itu, tinggal memilih file yang akan dikirim kemudian klik tombol Share dan akan ada beberapa pilihan. Kemudian pilih Wifi Direct
  6. Pilih koneksi Wifi yang akan Anda kirimi file kemudian klik Bagi.
  7. Tunggu proses pengiriman file selesai.

transfer file

Pengiriman file via wifi ini memiliki keunggulan selain cepat juga bisa digunakan untuk mentransfer file dengan kapasitas yang besar dengan waktu pengiriman yang cepat. Hal ini lebih efektif digunakan jika dibandingkan dengan mengirim file via Bluetooth yang cenderung lebih lama. Namun, pada kedua perangkat smartphone harus sudah dilengkapi dengan wifi direct. Jika salah satu smartphone belum memilikinya, maka sama saja transfer file tidak akan berhasil dilakukan. Kecuali, jika Anda menggunakan aplikasi tambahan untuk mengirim file seperti xender, shareit, superbeam dan masih banyak aplikasi lain yang bisa Anda unduh di Playstore.

Related Articles

Cara Menggunakan Komputer dan Mesin Printer Dengan Baik

Tekno

Panduan Yang Benar Bagi Pemula Belajar Komputer

Tekno

Fitur Baru Setelah Update Windows 10

Tekno

Leave a Comment