Belajar Komputer Featured Tips Komputer

Cara Menggunakan Komputer dan Mesin Printer Dengan Baik

Cara Menggunakan Komputer dan Mesin Printer

Di era modern yang serba canggih seperti sekarang ini, menggunakan komputer sudah menjadi hal yang sudah tidak asing lagi. Jika dulu, menggunakan komputer atau laptop hanya digunakan oleh sebagian kalangan saja seperti orang kantoran dan pengusaha untuk menjalankan usaha yang dijalankannya. Tapi kini komputer telah digunakan oleh hampir semua kalangan, mulai dari anak kecil, orang dewasa hingga orang tua.

Bagi Anda sebagai pengguna komputer pemula mungkin akan mengalami kesulitan tentang bagaimana menggunakan komputer yang baik dan benar sesuai dengan prosedur yang baik. Mungkin Anda sebagai pemula masih merasa kebingungan ketika melihat tombol-tombol yang terdapat pada komputer. Ditambah lagi banyaknya perintah-perintah yang belum Anda paham akan menambah kesulitan Anda dalam menggunakan komputer.

Pada dasarnya mengoperasikan komputer tidaklah sesulit yang kita pikirkan. Anda tidak perlu memiliki pendidikan khusus agar Anda dapat mengoperasikan komputer karena Anda hanya cukup dengan bisa membaca dan menulis pun, Anda sudah dapat mengoperasikan komputer dengan hanya memahami perintah-perintah dasar pada komputer.

Cara Menggunakan Komputer

Pada kesempatan kali ini akan men-share kepada Anda semua khususnya bagi pengguna komputer pemula tentang cara menggunakan komputer yang baik dan benar sesuai dengan prosedur komputer yang baik.

  1. Hidupkan komputer : Sebelum menghidupkan komputer, hal pertama yang harus kita lakukan adalah periksa semua perangkat yang terhubung pada komputer, mouse, keyboard,speaker, dan perangkat lainnya termasuk listrik. Setelah semua perangkat telah terhubung dengan baik dan benar selanjutnya adalah colokkan kabel power pada aliran listrik dengan hati-hati.
  2. Tekan tombol power pada CPU dan Monitor, setelah itu tunggu hingga komputer anda selesai proses booting.
  3. Mengoperasikan Komputer anda sesuai dengan apa yang ingin anda kerjakan di komputer anda. Contohnya : jika anda ingin bermain game maka anda harus fokus untuk bermain game, jika anda ingin menulis atau mengetik maka fokuslah untuk menulis.
  4. Ketika selesai mengoperasikan komputer anda, hal selanjutnya adalah mematikan komputer, namun sebelum itu anda harus menutup semua aplikasi yang anda operasikan terlebih dahulu setelah sudah Anda dapat klik start lalu klik Shutdown (untuk komputer yang memiliki system operasi Windows)

Printer

Printer adalah alat untuk mencetak data yang dikirim oleh komputer, baik datanya berupa teks, gambar, tabel, atau pun berbentuk foto. Setelah data tersebut Anda kirimkan dari komputer, kemudian Anda memerintahkan untuk memproses data dengan menggunakan printer. Lalu printer akan memprosesnya dan akan mencetaknya ke kertas yang sudah Anda sediakan. Pada gambar berikut ini akan dijelaskan jenis-jenis printer.

Jenis-jenis Printer di kelompokkan ke dalam beberapa tipe diantaranya:

  • Printer Dot Matrix

Printer dengan teknologi Dot Matrix ini menggunakan alat semacam jarum untuk menghasilkan sebuah cetakan baik itu berbentuk teks, tabel, maupun dalam bentuk gambar. Model dan jumlah jarum yang dipakai sangat bermacam-macam untuk setiap produsennya. Misalnya saja, printer jenis ini dapat Anda temukan pada wartel, supermarket, apotek, atau pun perusahaan pembiayaan yang menggunakan printer ini. Model printer ini menggunakan semacam pita berwarna dalam menghasilkan cetakan yang rapi.

  • Printer Bubble Jet

Printer jenis ini masih bertahan hingga sekarang dan terus berkembang dalam inovasinya. Teknologi ini lebih diminati oleh banyak orang, karena hasil cetakannya lebih baik dan lebih cepat jika dibandingkan dengan teknologi sebelumnya seperti Printer Dot Matrix. Model tintanya pun berbentuk cairan yang warnanya bermacam-macam tergantung pada setiap teknologi yang dimiliki oleh printer jenis ini. Seperti contohnya ada RGB(Red Green Blue) atau pun CMYK(Cyan Magenta Yellow Black) setiap teknologi warna di atas memiliki kelebihan dan kekurangan dalam menjalankannya.

  • Printer Laser Jet

Pada tipe ini menggunakan Laser sebagai alat dalam menghasilkan hasil cetakan. Sistem kerjanya hampir sama dengan mesin foto copy, dimana tintanya berbentuk serbuk yang di lewatkan pada alat pemanas yang memiliki suhu yang sangat tinggi.

Cara menggunakan mesin printer

  • Hubungkan kabel data dan adaptor pada printer Anda
  • Sambungkan/colok kabel adaptor pada sumber listrik
  • Nyalakan komputer atau laptop, tunggu sampai proses booting benar-benar selesai
  • Nyalakan printer dengan menekan tombol power
  • Masukkan CD Software Driver ke dalam komputer Anda
  • Tunggu sampai muncul tampilan instalasi hardware di layar komputer Anda
  • Ikuti petunjuk di layar sampai tahap dimana instalasi meminta untuk menghubungkan printer ke komputer Anda.
  • Tancapkan kabel data USB printer ke dalam komputer, setelah itu tunggu sampai proses pendeteksian selesai.

Setelah komputer atau laptop Anda dapat mengenali printer dengan baik, maka printer siap di gunakan untuk mencetak data dari komputer Anda. Berikut ini langkah-langkah untuk mencetak data dari komputer Anda.

  • Pertama-tama buka program aplikasi yang akan Anda gunakan untuk mencetak data
  • Klik menu file
  • Pilih Print
  • Klok OK/Print
  • Tunggu sampai proses mencetak selesai.

Cara menggunakan printer Bluetooth

  1. Nyalakan jenis printer bluetooth yang Anda gunakan
  2. Tekan tombol “POWER” lalu tunggu sampai lampu menyala berwarna merah.
  3. Kemudian nyalakan bluetooth yang tersambung pada tablet atau smartphone Anda, Hubungkan Printer Struk – Bluetooth – Pilih printer yang muncul di layar Anda dan masukkan PIN
  4. Klik OK

Related Articles

Panduan Yang Benar Bagi Pemula Belajar Komputer

Tekno

7 Teknologi Informasi yang Tidak Disadari

Tekno

4 Cara Menambah RAM Android Dan Laptop

Tekno

Leave a Comment