Featured Teknologi

11 Jaringan Komputer Yang Perlu Di Pahami

11 Jaringan Komputer

Jaringan komputer  adalah jaringan yang menghubungkan dua komputer atau lebih untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data, dihubungkan oleh perangkat jaringan computer.

Ada begitu banyak jenis jaringan computer yang bisa digunakan tergantung dari kebutuhan, diantaranya adalah PAN (Personal Area Network), LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan WAN (Wide Area Network).

Apakah anda sudah memahami dari Jenis-Jenis jaringan diatas? Simak penjelasan jenis – jenis jaringan computer di bawah ini.

Kami mengumpulkan panduan referensi ini untuk menjelaskan jenis jenis jaringan yang digunakan saat ini, dan pengaplikasiannya dalam segala bidang.

1. Personal Area Network (PAN)

Personal Are Network (PAN) adalah salah satu Jenis jaringan yang paling dasar dan scope nya yang paling terkecil, PAN terdiri dari modem nirkabel, teridiri dari dua atau lebih perangkat komputer, telepon, printer, tablet, dll. Penggunaannya berada pada lingkup pribadi saja yang berada dalam satu ruangan tempat tinggal. Jenis jaringan ini biasanya ditemukan di kantor kecil atau tempat tinggal, memiliki perangkat jaringan pribadi dan dikelola oleh satu orang atau organisasi dari satu perangkat saja.

2. Local Area Network (LAN)

Kami yakin, kalian yang sedang membaca artikel ini tidak asing lagi dengan jenis jaringan yang satu ini . LAN adalah jaringan yang paling sering di diskusikan, salah satu yang paling umum, salah satu yang paling asli dan salah satu jenis jaringan yang paling sederhana. LAN menghubungkan dua computer atau lebih secara bersamaan pada jarak antara 10-15 meter (bisa dari satu gedung ke gedung yang lain dengan jarak yang tidak terlalu jauh ) untuk saling bertukar informasi data.

Dengan menggunakan router, LAN dapat terhubung ke jaringan area yang lebih luas dan mampu mentransfer data dengan cepat dan aman.

3. Jaringan Area Lokal Nirkabel (WLAN)

Berfungsi seperti LAN, WLAN menggunakan teknologi jaringan nirkabel seperti WiFi. Sekilas terlihat sama dengan jaringan LAN, keunggulannya adalah jenis jaringan ini tidak membutuhkan sambungan kabel optic untuk bisa terhubung dengan satu jaringan yang sama.

4. Campus Area Network (CAN)

Jenis jaringan ini lebih besar dari LAN, tetapi lebih kecil dari Metropolitan Area Network (MAN, akan di jelaskan di bawah). Jenis jaringan ini biasanya terlihat di kampus-kampus atau universitas, lembaga Pemerintahan, Lembaga Pendidikan, dan pada bidang usaha skala kecil. Mereka dapat tersebar di beberapa bangunan yang cukup dekat satu sama lain sehingga pengguna dapat berbagi sumber daya informasi.

5. Metropolitan Area Network (MAN)

Jenis jaringan ini lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN, tetapi aplikasinya menggunakan elemen seperti kedua jaringan di atas. Jarak wilayah jangkauannya lebih luas dengan wilayah geografis yang berbeda. Kepemilikan dan pemeliharaan ditangani oleh satu orang atau perusahaan besar.

6. Wide Area Network (WAN)

Jenis jaringan ini sedikit lebih rumit daripada LAN, WAN menghubungkan komputer bersamaan dengan melintasi jarak yang cukup jauh bahkan berbeda Pulau atau Negara. Hal ini memungkinkan komputer dan perangkat pintar saling terhubung satu sama lain melalui satu jaringan yang sangat besar untuk berkomunikasi bahkan ketika jaraknya terpisah.

Penggunaan internet adalah contoh paling dasar dari WAN, menghubungkan semua komputer bersamaan di seluruh dunia. Karena jangkauannya yang luas, WAN biasanya dimiliki dan dikelola oleh beberapa perusahaan besar.

7. Storage-Area Network (SAN)

Sebagai salah satu jaringan yang memiliki kecepatan super, dengan bersifat lebih private bisa menghubungkan perangkat penyimpanan bersama ke beberapa server, jenis jaringan ini tidak bergantung pada LAN atau WAN. Sebaliknya, mereka memindahkan sumber informasi penyimpanan jarak jauh dari jaringan dan menempatkannya ke dalam jaringan berkinerja tinggi yang mereka miliki dan di kelola  sendiri. SAN dapat diakses dengan cara yang sama dengan drive yang terpasang ke server.

8. System-Area Network (juga dikenal sebagai SAN)

Jenis jaringan ini merupakan istilah baru dalam dua dekade terakhir. Jenis jaringan ini di rancang untuk koneksi kecepatan tinggi dalam satu server, Komputer yang terhubung pada SAN beroperasi sebagai sistem tunggal dengan kecepatan sangat tinggi.

9. Pasif Jaringan Area Lokal Optik (POLAN)

Sebagai alternatif untuk LAN Ethernet berbasis switch tradisional, teknologi POLAN dapat diintegrasikan ke dalam kabel terstruktur untuk mengatasi kekhawatiran tentang dukungan protokol Ethernet tradisional dan aplikasi jaringan seperti PoE (Power over Ethernet). Arsitektur LAN merupakan arsitektur point-to-multipoint, POLAN menggunakan spliter optik untuk membagi sinyal optik dari satu serat optik singlemode menjadi beberapa sinyal untuk melayani pengguna dan perangkat pintar Anda.

10. Enterprise Private Network (EPN)

Jenis jaringan ini dibangun dan dimiliki oleh pelaku bisnis yang ingin menghubungkan berbagai lokasi secara aman untuk berbagi informasi usaha mereka.

11. Virtual Private Network (VPN)

Dengan memperluas jaringan pribadi di Internet, VPN memungkinkan penggunanya mengirim dan menerima data seolah-olah perangkat mereka terhubung ke jaringan pribadi – bahkan jika mereka tidak terhubung. Melalui koneksi point-to-point virtual, pengguna dapat mengakses jaringan pribadi dari jarak jauh.

Related Articles

7 Teknologi Informasi yang Tidak Disadari

Tekno

Cara Menyimpan File Dengan Mudah Di Google Drive

Tekno

Aplikasi Android Bagi Smartphone

Tekno

Leave a Comment