Hasil gambar untuk memory card camera

Cara Mudah Menjaga Memori Eksternal Agar Awet

Adakah diantara anda yang mengalami kesulitan dalam menjaga memori eksternal pada ponsel ataupun kamera ? Permasalahan yang seringkali dihadapi adalah memori tidak berusia panjang. Padahal anda sudah membeli memori dengan kapasitas besar, atau memilih brand ternama agar tidak mudah rusak. Sedangkan banyak yang mengeluhkan bahwa membeli memori eksternal bukanlah hal mudah dan murah.

Salah satunya adalah memori card atau kartu memori. Jangan bingung, karena dalam artikel ini akan kita bahas secara jelas mengenai cara yang paling mudah dan juga bisa dilakukan semua orang. Agar bisa menjaga memori card untuk menyimpan foto, video dan berbagai data lainnya. Sehingga bisa digunakan dengan jangka waktu yang lama serta awet.

  • Memilih Memori eksternal dengan Kualitas Terbaik

Hasil gambar untuk memori card

Cara pertama yang dapat dilakukan agar memori eksternal yang anda gunakan memiliki waktu yang panjang dan juga awet, yaitu memastikan bahwa anda telah menggunakan memory card yang berkualitas terbaik.

Anda harus menggunakan perangkat yang mendukung. Saat ini penggunaan atau penyimpanan foto video dan data lainnya akan menjadi lebih mudah. Karena sudah difasilitasi oleh memory card dengan kapasitas yang beragam. Sehingga dapat digunakan baik di laptop ataupun ponsel dan juga beberapa perangkat lain.

Adanya penggunaan memory card ini sangat penting, terutama jika digunakan atau ditujukan untuk pekerjaan. Misalnya saja seorang fotografer tidak bisa menyimpan data ataupun foto yang telah mereka ambil. Jika tidak memiliki memory card dengan memutuskan untuk membeli memori yang memiliki kualitas terbaik, maka anda bisa memastikan bahwa data tersebut akan lebih aman.

Tidak terjadi corrupt file, serta heng dan adanya error pada memori tersebut. Jangan sampai karena terlalu panas atau kualitas yang rendah. Sehingga menjadikan data anda hilang. Setelah anda bekerja seharian penuh mengingat masih banyak orang yang mempertimbangkan harga, dibandingkan dengan kualitas yang dimiliki oleh produk tersebut. Jangan paksakan untuk membeli memori eksternal apabila memang uang yang anda miliki belum terkumpul. Pastikan untuk membeli yang berkualitas dan bagus dibandingkan dengan produk sembarang.

  • Patah atau Rusak Fisik

Hasil gambar untuk memori card

Masalah lain yang ternyata menyebabkan memori eksternal menjadi lebih pendek usianya, yaitu dengan menyimpannya secara aman. Anda harus bisa memastikan bahwa anda bisa menyimpan memori eksternal tersebut dengan aman dan baik.

Walaupun anda memiliki cadangan ataupun backup dari memori tersebut cobalah untuk menggunakan wadah tertentu. Agar memori bisa diletakkan ditempat yang sesuai, karena banyak sekali kejadian adanya memori yang rusak secara fisik,

Baik hanya tergores ataupun terkena gesekan, sehingga menyebabkan memori eksternal tersebut tidak dapat dibaca. Jika sudah seperti ini data yang ada di dalamnya pun turut hilang. Tidak ada yang bisa dilakukan kecuali anda mengambil ataupun membackup data sebelumnya. Untuk itu ada baiknya anda menyimpannya dengan baik, agar tidak terjadi kerusakan secara fisik.

Pada akhirnya memori menyebabkan sulit terbaca di laptop ataupun ponsel milik anda. Beberapa orang juga merasa bahwa memori sangatlah rentan. Sehingga sangat mudah patah apabila terkena tangan ataupun terduduki.

  • Stikan Bersih dari Virus

Hasil gambar untuk memori card

Terkadang penggunaan memory card sendiri memang lebih mudah. Karena bisa dipasangkan ke sebuah komputer ataupun laptop, sehingga transfer data menjadi lebih mudah dibandingkan zaman dahulu. Tetapi tahukah anda bahwa penyebab adanya memori eksternal yang cepat rusak ataupun mengalami masalah, yaitu karena anda menggunakan laptop dan komputer yang mengandung virus.

Sehingga hal tersebut merusak memori eksternal ketika dipasangkan, untuk melakukan transfer data. Terutama jika anda menyambungkan ke komputer yang ada di warnet ataupun komputer umum seperti kantor dan tempat lainnya.

Agar bisa menghindari hal tersebut ada baiknya anda untuk tidak terlalu sering, atau bahkan jangan sampai melakukan pemindahan data secara langsung, baik dari memori ke laptop atau komputer atau. Sebaliknya jangan sampai ada file di memori anda yang tiba-tiba hilang. Kemudian virus masuk ke dalam memori tersebut.

Jika sudah masuk akan sangat sulit untuk membersihkannya bahkan cenderung merusak. Pada akhirnya memory card tersebut tidak bisa digunakan lagi. Bahkan kasus seperti ini sudah banyak terjadi bagi para pengguna ponsel yang memanfaatkan memory card untuk menyimpan datanya.

  • Memori eksternal Terkena Air/Percikan Air

Hasil gambar untuk memori card

Permasalahan lain yang mungkin saja terjadi yaitu adanya micro sd atau memory card yang terkena air . Orang mungkin tidak sengaja mengalami kondisi seperti tersiram nya ponsel ataupun ponsel tercebur ke dalam ember dan yang berisi air.

Apabila hal tersebut terjadi, maka hal yang harus anda lakukan yaitu mematikan ponsel dan juga memastikan untuk membuka tutup ponsel, agar air yang ada di dalam ponsel kering. Bahkan beberapa orang menganggap bahwa dengan merendamnya di dalam beras. Maka kandungan air yang ada pada ponsel akan hilang.

Lalu bagaimana dengan memori yang ada di dalamnya ? Apabila memang terkena air lembab atau bahkan tercebur air cobalah untuk tidak langsung menggunakan micro sd dan membiarkannya hingga kering pastikan bahwa micro sd tersebut berada di depan kipas angin atau ac, sehingga cepat kering.

Selain itu jangan mengeringkan micro sd. Jangan gunakan hair dryer ataupun kompor untuk mengeringkan memori karena sangat berbahaya. Cukup diamkan saja serta angin-anginkan selesai selama 3 hari. Nantinya air akan hilang dari micro sd.

Anda bisa langsung kembali memasangnya, untuk mengecek apakah memori tersebut rusak atau tidak. Biasanya adanya air ini menyebabkan umur memori menjadi lebih pendek, dibandingkan yang seharusnya.

  • Scanning dengan Antivirus

Hasil gambar untuk memory card camera

Hal lainnya yang ternyata dapat membuat usia dari memori eksternal anda lebih panjang yaitu rutin untuk melakukan scanning atau pembersihan dengan anti-virus. Tahukah anda bahwa anti-virus nyatanya dapat membantu mengurangi kemungkinan adanya virus dan sistem lain yang terserang, akibat ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Termasuk salah satunya adalah kehilangan data ataupun dokumen yang ada pada memori eksternal. Tetapi jika anda secara rutin melakukan scanning atau pembersihan menggunakan anti-virus ,yang ada pada laptop dan juga ponsel.

Memori anda akan bersih dan juga terlindung dari virus-virus hal ini membantu memori eksternal untuk memiliki usia lebih awet dan lebih panjang. Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi atau website, yang menyatakan bahwa mereka merupakan anti-virus komputer ataupun laptop yang juga bisa digunakan pada memory card.

  • Jangan Terlalu Sering Memindahkan Memori eksternal

Hasil gambar untuk memory card camera

Terakhir hal yang bisa dilakukan untuk merawat ataupun menjaga memori eksternal, agar tidak mudah rusak yaitu untuk tidak terlalu sering memindahkan sd card ke ponsel ataupun laptop lain. Untuk menghindari adanya error ataupun kerusakan pada memory card. Cobalah untuk menerapkan peraturan satu perangkat satu memori. Sehingga anda tidak menggunakan atau tidak mengganti gantinya di waktu yang pendek.

Misalnya saja anda memasangkan pada ponsel A, kemudian karena anda membutuhkannya anda mengambil memori eksternal tersebut dan memasangkannya pada kamera B. Jika dilakukan seperti ini maka data bisa saja hilang dan memori card anda terserang virus. Untuk itu biasakan menggunakan satu memory satu perangkat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *